Khoiru Ummah Berkurban: Mengajarkan Keta’atan dan Pengorbanan

-

Pada hari Jum’at bertepatan dengan tanggal 1 September 2017, seluruh umat Islam diberbagai penjuru negeri merayakan hari Raya Idul Adha. Setelah melaksanakan shalat sunnah Idul Adha, pada hari itu pula kaum muslimin melaksanakan pemotongan hewan qurban sebagai bentuk keta’atan dan pengorbanan karena Allah semata.

Sebagai sekolah Islam yang senantiasa mengajarkan keta’atan dan ketaqwaan kepada seluruh siswanya, alhamdulillah Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoiru Ummah Cikarang tidak ketinggalan turut menyelenggarakan prosesi pemotongan hewan qurban. Pelaksanaan prosesi pemotongan hewan qurban ini dilaksanakan pada hari Senin, 4 September 2017 (14 Dzulhijjah 1438 H) dengan 7 ekor kambing sebagai hewan sembelihan.

Untuk mengiringi prosesi penyembelihan hewan qurban pagi itu gema takbir dikumandangkan oleh para siswa yang menyaksikan. Mereka semua tampak antusias menyaksikan kegiatan tersebut.

Selain disaksikan oleh seluruh siswa, prosesi pemotongan hewan qurban ini pun diikuti oleh Ayah Bunda dari para siswa. Para ayah membantu pemotongan hewan qurban, mulai dari memegangi hewan qurban saat disembelih hingga menguliti dan mencincang daging kambing. Sementara para Ibu menyiapkan masakan untuk dimakan bersama dan ada juga yang mendampingi sebagian siswa yang sedang menyiapkan sate kambing.

Setelah seluruh hewan qurban disembelih dan siap didistribusukan, beberapa orang guru dan orang tua siswa lalu menyalurkan daging qurban tersebut kepada orang-orang di perkampungan sekitar lokasi sekolah yang berhak menerimanya.

Secara keseluruhan agenda Khoiru Ummah Cikarang Berqurban hari itu terlaksana dengan baik atas kerja sama pihak sekolah dengan seluruh orang tua siswa.

Kami memahami bahwa kegiatan ini sarat dengan pelajaran yang ingin ditanamkan kepada siswa. Pelajaran tentang sebuah keta’atan, keikhlasan, dan pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Apa yang dilakukan oleh keduanya menunjukan betapa ta’at dan cintanya mereka kepada Allah SWT hingga rela mengorbankan sesuatu yang paling dicintainya.

Semoga keluarga besar STP Khoiru Ummah Cikarang bisa meraih pelajaran berharga dari kegiatan berqurban ini. Begitu pula semoga silah ukhuwah dan sinergi antara sekolah dan orang tua siswa terjalin lebih baik  untuk mewujudkan generasi pemimpin, generasi khoiru ummah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *