Latihan Berkuda: Kegiatan Ekskul Favorit

Salah satu kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) yang dirancang  oleh Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoiru Ummah Cikarang adalah kegiatan berkuda. Jenis ekskul ini dipilih karena sarat dengan pelajaran dan hikmah.

Allah berfirman:

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ

[سورة اﻷنفال 60]

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kalian sanggupi dan dari kuda-kuda yg ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kalian menggentarkan musuh Allah dan musuh kalian.” (QS Al Anfal:60).

Rasulullah bersabda:

كُلُّ شَئْ ٍلَيْسَ فِيْهِ ذِكْرُ اللهِ فَهُوَ لَهْوٌ وَلَعِبٌ إِلاَّ أَرْبَعٌ مُلاَعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ وَتَأْدِيْبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرْضَيْنِ وَتَعْلِيْمُ الرَّجُلِ السِّبَاحَةَ

“Segala sesuatu yang tidak mengandung dzikirullah padanya maka itu adalah kesia-siaan dan main-main kecuali empat perkara: yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasai)

Amirul Mu’minin Umar ibn al-Khattab berkata:

علِّموا أولادَكم السباحةَ والرمايةَ ، ومروهم فليثبوا على الخيل وثباً

“Ajarilah anak-anak kalian berenang, memanah dan menunggang kuda”

Menunggang kuda bukan hanya sebagai kesenangan. Ada seni tersendiri dalam hal ini. Seekor kuda yang keras, lincah, dan bernafsu sebenarnya mudah dikendalikan asalkan si pengunggang kuda memosisikan dirinya.

Kuda tidak suka dikasari, tetapi lebih suka disayangi. Bila kita ingin kuda bergerak ke depan, janganlah memukul badannya dari belakang. Bisa-bisa kita akan menerima tendangan maut dari kedua kakinya.

Sebaliknya, kuda akan melakukan apapun yang diperintah si penunggang bila disayangi, dengan cara dibelai rambutnya dan dituntun. Begitulah kuda. Jinak tetapi juga bisa ganas.

Menunggang kuda sama halnya dengan memimpin. Harus tegas, bijak, dan tidak buta arah. Sama seperti kuda yang tidak mau dibohongi, ingin disayangi, dan harus diberi contoh agar melaksanakan perintah-perintah yang diberikan, manusia pun demikian.

Maka dari itu, berkuda akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan seseorang untuk memimpin manusia lainnya. Inilah yang ingin ditanamkan kepada seluruh siswa melalui kegiatan ini.

Diantara keistimewaan dari kegiatan berkuda adalah :

Pertama, latihan menunggang kuda merupakan syariat Allah sebagai persiapan untuk berjihad (berperang melawan musuh Islam).

Kedua, ia juga merupakan sunnah utama Rasulullah yang semestinya diajarkan pula sejak dini kepada  anak-anak.

Ketiga, latihan berkuda bukanlah kegiatan yang sia-sia malah sebaliknya merupakan permainan yang disukai Allah.

Keempat, latihan berkuda secara teratur akan menyehatkan dan akan menguatkan fisik.

Kelima, latihan berkuda mengajarkan keberanian, kasih sayang pada hewan, kepemimpinan, kesabaran, dan kedisiplinan bagi setiap orang yang melakukannya.

Banyaknya keistimewaan yang ada pada kegiatan berkuda ini,  menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu ekskul paling diminati oleh siswa STP Khoiru ummah Cikarang. Semoga adanya ekskul ini akan memotivasi para siswa untuk menjadi generasi yang tangguh, generasi, kuat, generasi Khoiru Ummah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *