Outing Class: Menemukan Keagungan Ciptaan Allah di Alam

Pagi itu (28/03/2017), seluruh siswa dan tim pengajar Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoiru Ummah Cikarang melakukan outing class/rihlah ilmiyah ke lokasi Curug Cipamingkis yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Sesuai dengan namanya, di lokasi ini terdapat air terjun (curug : bahasa sunda) dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Bebatuan sungai beragam bentuk dan ukuran menjadi hiasan tersendiri di sepanjang aliran sungai. Suhu udara yang dingin juga suhu air yang tak kalah dinginnya semakin menambah kesempurnaan suasana pegunungan setelah rimbunan pepohonan di sekitar lokasi dan deburan suara air terjun yang menimpa bebatuan.

Mungkin kata-kata tak kan pernah bisa sempurna dalam mendeskripsikan keindahan alam ciptaan-Nya. Demikian juga untaian kalimat tak kan cukup untuk melukiskan perasaan takjub atas kekuasan-Nya.

Karena alasan itulah seluruh siswa kami ajak langsung ke lokasi untuk menyapa jejak keagungan ilahi.

Adapun target pembelajaran pada outing ini adalah agar seluruh siswa bisa mendapatkan penginderaan secara langsung terhadap “Kuasa Allah dalam Keindahan Alam Ciptaan-Nya”.

Yang bisa dipelajari pada Outing kali ini :
– perbedaan dataran rendah dan dataran tinggi
– sumber air di alam
– fungsi sungai di alam
– jenis bebatuan di alam
– rumah pohon, sebuah tempat perlindungan
– khurafat dan legenda perusak iman
– memasak nasi liwet
– dll.

Kami membagi kelompok dengan amanah tugas sebagai berikut:
– mengumpulkan berbagai bentuk batu kali ukuran kecil
– memungut dan membersihkan sampah plastik di sekitar lokasi
– menjawab pertanyaan di setiap pos
– menceritakan kembali apa yang mereka temui di cipamingkis
– mencari perbedaan antara lingkungan cipamingkis dan cikarang
– dll.

Semoga outing hari ini bisa menambah pengetahuan dan menambah keimanan bahwa Allah adalah sang Maha Pencipta Alam ini dengan segala keteraturannya.

Kami menyadari dengan sepenuh hati, bahwa apa yang kami lakukan bersama seluruh siswa pada hari ini adalah sebuah proses menuju keshalihan yang didambakan.

Kami pun selalu yakin bahwa Insya Allah proses itu tidak pernah mengkhianati hasil. Maka, mari senantiasa bersemangat dalam menjalani proses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *