Solidaritas Sesama Muslim dan Semangat Menyambut Tahun Baru 1439 Hijriyyah

Kamis, 21 September 2017, siswa-siswi Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoiru Ummah Cikarang melaksanakan kegiatan Tarhib Muharram yaitu pawai untuk menyambut tahun baru Islam. Sejak Selasa, 19 September 2017 siswa-siswi begitu antusias menyiapkan segala atribut yang akan digunakan untuk kegiatan tarhib muharram.

Kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh seluruh siswa dan guru, namun kehadiran para orang tua siswa pun turut memeriahkan agenda tarhib.

Selain tema hijrah dan menyambut kedatangan tahun baru Islam, dalam pelaksananya kali ini, diangkat juga sebuah tema menarik, yaitu “Save Moslem Rohingya”.

Siswa-siswi dengan begitu antusias memamerkan poster-poster menyambut tahun baru Islam hasil kreasi mereka. Tak ketinggalan mereka pun memamerkan poster-poster yang berisi pesan solidaritas “Save Moeslim Rohingya” sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara muslim yang ada di Rohingya.

“Allahu Akbar….. Allahu Akbar….. Allahu Akbar.”

“Islam bersatu, tak bisa dikalahkan.”

Teriakan takbir dari seluruh rombongan pawai begitu membahana di sepanjang perjalanan. Demikian juga yel-yel penyemangat dan seruan solidaritas bagi muslim Rohingya dengan semangat terus diteriakan dengan semangat.

Kegiatan Tarhib Muharram merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan secara rutin oleh STP Khoiru Ummah Cikarang dengan memiliki beberapa tujuan pembelajaran, diantaranya:

  1. Menanamkan pemahaman kepada seluruh siswa bahwa hijrahnya Rasul Saw dari Mekkah ke Medinah adalah hijrah dari peradaban jahiliyah menuju peradaban Islam. Dari kekufuran menuju keimanan. Dari kemaksiatan menuju keta’atan.
  2. Memahamkan tentang rahasia dibalik penetapan awal tahun baru Islam  yang ternyata ditetapkan berdasarkan saat terjadinya peristiwa hijrah Rasululullah SAW dari Mekah ke Medinah.
  3. Sebagai bagian dari Syi’ar Islam.

Kami senantiasa berharap semoga seluruh siswa-siswi kami kelak tumbuh menjadi generasi pemimpin yang bertaqwa, istiqomah dan bersabar dalam menjalankan keta’atan kepada Allah SWT.

Marhaban ya Muharram. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan kami termasuk orang-orang yang beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *