Tasmi’ul Qur’an: Sebagai Evaluasi Kekuatan Hafalan

Salah satu rutinitas yang wajib diikuti oleh seluruh siswa Sekolah Tahfidz Plus (STP) Khoiru Ummah Cikarang  adalah kegiatan tasmi’ul qur’an, yaitu kegiatan untuk mengevaluasi kualitas hafalan yang telah dimiliki.

Pada kegiatan tersebut seluruh peserta dituntut untuk dapat melantunkan seluruh hafalan qur’an yang dimilikinya sebaik dan selancar maungkin  di hadapan seorang guru pentasmi’ dengan didampingi oleh orang tua masing-masing.

Jika dinyatakan lulus oleh pentasmi’ maka peserta yang bersangkutan akan diijinkan untuk menambah hafalan baru selanjutnya. Namun jika ternyata belum lulus karena belum lancar atau belum sesuai standar yang ditentukan oleh guru pentasmi’, maka ia harus mengulang-ulang hafalan lamanya terlebih dahulu sebelum melanjutkan dengan menambah hafalan yang baru.

Kegiatan tasmi’ kali ini adalah yang kedua pada semester ganjil tahun ajaran ini. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 19 September 2017.

Seluruh siawa peserta tasmi’ begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini tercermin dari kesunguhan mereka saat menunggu giliran tampil. Mereka nampak bersungguh-sungguh dalam melantunkan hafalannya di hadapan orang tua mereka sebelum benar-benar disimak oleh guru pentasmi’.

Pada tasmi’ kali ini, ada beberapa level hafalan siswa yang dievaluasi. Mulai dari level hafalan yang hanya beberapa surat saja (juz 30 an-naas s/d al-qoriah), hingga ada yang 1 juz, 2 juz, 3 juz, bahkan lebih. Setiap peserta diuji dan dievaluasi sesuai dengan levelnya masing-masing.

Sejatinya agenda ini dilaksanakan sebagai sarana untuk menguji dan mengevaluasi kualitas dan kuantitas hafalan siswa. Dengan kata lain, kekuatan hafalan peserta akan diuji pada momen ini. Kelulusan mereka dalam kegiatan tasmi’ ini akan menjadi bukti bahwa mereka telah benar-benar memiliki hafalan qur’an dengan kuantitas dan kualitas yang baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *